Minggu, 12 November 2017

Unik! Buku dan Pena Jadi Pusaka Ambalan Gudep SMK Negeri Ngraho

Bojonegoro - Pusaka Ambalan termasuk salah satu hal yang wajib ada di pramuka tingkat Penegak/Pandega. Wujud dari pusaka ambalan itu sendiri berbeda tergantung dari kebijakan tiap Gudep. Pusaka Ambalan yang saya maksud disini bukan sesuatu yang sakti atau memiliki kekuatan magis, namun benda yang menunjukkan citra, jati diri, serta kewibawaan dari Ambalan. Pusaka Ambalan biasanya berwujud Pedang, Panahan, Parang, Tombak, Trisula, keris, dll.

Namun, Jika kita perhatikan lebih dekat, ada yang berbeda pada Pusaka Ambalan milik Ambalan Ki Hajar Dewantara - Raden Ajeng Kartini Gudep SMKN Ngraho. Bagaimana tidak, pusaka yang mereka gunakan ialah sebuah buku dan pensil berbulu merak.

Sebagaimana yang dilansir akun instagram @pasuskanera. Pusaka Ambalan dari Ambalan Ki Hajar Dewantara - Raden Ajeng Kartini Gudep 099-100 SMK Negeri Ngraho ialah berwujud alat tulis bulu merak dan buku yang bernama "SABDA AMBALAN" dimana buku tersebut berisi tentang aturan dan tata prilaku Ambalan itu sendiri. . Kedua pusaka itu kemudian disebut sebagai "PUSAKANING JAGAD". . Wujud serta nama Pusaka itu dipilih atas dasar pemikiran "Dunia akan gelap dan sesat tanpa dibentengi ilmu" . Bagaimana dengan Ambalanmu? . . .

 "Saya sangat mengapresiasi pusaka ambalan kalian, itu menunjukkan bahwa pramuka SMKN Ngraho sangat peduli dan menghargai ilmu pengetahuan." ucap Kak Warsito, saat pembukaan PTA kemarin. (kur/ngraho)





share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Kwaran Ngraho, Published at 08.47 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar