Minggu, 12 November 2017

Tunas Muda Penerus Perjuangan Bangsa

 Oleh : Kak Afid

Bojonegoro - Masa depan tidak ada di belakangmu. Begitulah ungkapan yang banyak digunjingkan oleh sebagian orang sukses dan ternama di dunia. Setujukah anda dengan ungkapan ini? Bahwa masa depan itu pastinya selalu berada di depan. Berbagai proses yang tidak mudah tentunya akan menjadi hambatan untuk mencapai masa depan. Anak muda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk meraih kesuksesan dibandingkan orang dewasa. Waktu yang mereka miliki masih tersisa lebih banyak. Memang, seseorang yang sukses di masa depan ialah mereka yang membuat perencanaan matang akan apa yang ingin diraihnya. Pendidikan seperti apa yang mampu mempersiapkan generasi sekarang ini untuk menghadapi masa depan?...
Latihan Pramuka SDN Ngaglik di Taman Jati, Kasiman - Bojonegoro


Pramuka sangat penting untuk membentuk karakter generasi muda bangsa. Pramuka memberikan pendidikan yang membentuk karakter, seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas dan kecakapan berfikir. Pendidikan pramuka pada dasarnya diberikan kepada seluruh golongan dari anak-anak, remaja bahkan sampai dewasa. Akan tetapi pendidikan pramuka yang paling efektif dan dapat memberikan bekal untuk masa depan yang paling tepat adalah pendidikan pramuka yang dimulai dari anak-anak. Meski kebanyakan anggota pramuka golongan siaga dan penggalang memang belum bisa untuk mandiri dan berfikir secara matang, namun dari sini lah semuanya akan terbentuk. Jika dari masa siaga dan masa galangnya mereka belum bisa mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, bagaimana mereka akan menghadapi masa tegak nya? Sungguh suatu ironi yang memprihatinkan bukan.

Pramuka di wilayah Kasiman, saat ini sedang dalam giat untuk meningkatkan semangat berpramuka pada generasi muda penerus bangsa. Sasaran utamanya adalah peserta didik tingkat SD (Sekolah Dasar) yang biasanya menempati golongan pramuka siaga dan penggalang. Menumbuh kembangkan jiwa dan kesadaran memang seharusnya dimulai sejak mereka masih kecil. Kegiatan pramuka di Kasiman digerak kan oleh anggota DKR juga beberapa penegak yang aktif di gugus depan masing-masing. Program giat berpramuka semenjak di golongan siaga dan penggalang memiliki maksud dan tujuan yang baik dimana nanti mereka mendapat bekal untuk mempersiapkan masa tegak nya dan mengisi masa setelah tegak dengan menjadi contoh atau memandegani, terutama dalam lingkup berpramuka.
Latihan Pramuka di  MI Kasiman - Bojonegoro
Masa depan Pramuka Indonesia ada di tangan kita semua. Dukungan selalu kami butuhkan untuk kedepannya agar target yang kami harapkan dapat tercapai dan menjadi kenyataan. Jika kita melihat hujan yang berasal dari awan yang gelap, kita akan menyadari bahwa air hujan yang jernih ternyata berasal dari awan yang gelap. Kita harus menyadari bahwa jika kita menginginkan sesuatu yang baik, bagus dan indah, kita memerlukan usaha meskipun itu harus bersusah payah hingga pada keadaan yang buruk. Pramuka mengajarkan segalanya. Pramuka adalah pahlawan bagi generasi muda. Pramuka mencetak karakter yang dibutuhkan nusa dan bangsa. Jadilah seorang Pramuka untuk Indonesia. Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia.







share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 08.51 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar